PLN Energi Primer Indonesia Gandeng PLN Puslitbang dalam Pengembangan P2EP


Jakarta, OG Indonesia -- 
PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menggandeng PLN Puslitbang dalam Pengembangan Platform Pusat Pengatur Energi Primer (P2EP). Kolaborasi ini sebagai bentuk sinergi PLN Group terkait permasalahan ketenagalistrikan sebagaimana bisnis inti masing-masing Perusahaan.

Penandatanganan MoU kerja sama antara PLN EPI dan PLN Puslitbang dilakukan pada hari Jumat (17/3/2023) di Bandung yang disaksikan langsung oleh Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi, Bagus Setiawan.

General Manager PLN Puslitbang Iswan Prahastono menyampaikan, Nota Kesepahaman ini dibuat dengan tujuan untuk pemanfaatan pengetahuan, pengalaman, peralatan, dan fasilitas yang dimiliki oleh PLN EPI dan PLN Puslitbang untuk saling meningkatkan kompetensi.

“PLN Puslitbang akan konsisten melakukan dan mengintegrasikan penelitian maupun inovasi di PLN untuk membantu dalam pengembangan P2EP ini," jelas Iswan.

Sementara itu Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi, Bagus Setiawan mengatakan bahwa aplikasi P2EP dapat memberikan value creation bagi PLN EPI sehingga penyediaan energi primer menjadi lebih andal, efisien, dan mampu mengintegrasikan segala informasi ke seluruh stakeholder.

Kerja sama Pengembangan Pusat Pengatur Energi Primer (P2EP) ini merupakan ide yang memanfaatkan kemajuan teknologi IT dan mengintegrasikan Big Data yang dilengkapi dengan kemampuan untuk machine learning dengan memberikan output, yaitu Security of Supply, Cost Efficiency, Fuel Mix Recommendation, dan Decarbonization Roadmap.

Sebelumnya, untuk merealisasikan kerja sama ini telah dilaksanakan pembuatan Proof of Concept (POC) yang akan menjadi pilot project dan gambaran awal dari P2EP. POC sementara akan difokuskan pada scope 6 pembangkit besar Jawa-Bali yang mewakili variasi energi primer maupun variasi skema bisnisnya.

Saat ini pembangunan P2EP masuk pada inisiasi Prototype Data Lake untuk Big Data P2EP. RH

PLN Energi Primer Indonesia Gandeng PLN Puslitbang dalam Pengembangan P2EP PLN Energi Primer Indonesia Gandeng PLN Puslitbang dalam Pengembangan P2EP Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Maret 24, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.